OTOMATISASI PERKANTORAN

PENGERTIAN OTOMATISAI PERKANTORAN
          Otomatisasi kantor adalah pengalihan fungsi manual peralatan kantor yang banyak menggunakan tenaga manusia kepada fungsi-fungsi otomatis dengan menggunkan peralatan mekanis.

KONSEP-KONSEP OTOMATISASI PERKANTORAN:

  1. Proses ysng terjadi diperkantoran seperti halnya proses manutaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
  2. Otomatisasi kantor berevaluasi dari aplikasi-aplikasi yang terpesah dan tanpa rencana menuju  aplikasi yang terencana dan terpadu.
  3. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
  4. Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik. 
  5. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
TUJUAN OTOMATISAI PERKANTORAN:
         Untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Fasilitas dari otomatisasi kantor meliputi berbagai jenis komputer melalui jaringan komunikasi dengan mesin faximile dan percetakan,pengolah data, arsip elektronik, surat elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, sistem informasi menejemen,dll.

MANFAAT OTOMATISASI PERKANTORAN:

  • Membuat informasi menjadi lebih murah dan mudah digunakan,dipindahakan,dan dirawat.
  • Dapat meletakan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetensi lebih baik.
  • Komputer tidak menggantikan pekerjaan saat ini, komputer mampu menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
  • Pemecahan masalah kelompok/tim .
  • Cara OA (official account) berkontribusi pada komunikasi dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk emecahkan masalah kelompok/tim.
  • Sebagai pelengkap bukan pengganti.
  • Sebagai suatau cara komunikasi bisnis, OA tidak, akan menggatikan semua komunikasi interpersonal tradisional seperti percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA hanya melengkapi komunikasi tradisional.
  • Meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan.
  • Peningkatan komunikasi dapat menghasilakan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.


Komentar